Palang Pintu ala Betawi

Assalamualaikum wr. wb.

Ingat taekwondo, jadi ingat silat. Jadi rindu.
Jadi ingat juga ritual kawinan di sinetron-sinetron dengan latar budaya betawi. Sering banget ada adu pantun antara pihak lelaki vs wanita. Lalu adu silat. Penasaran. Terus, nyarilah ke google dan dapatlah artikel ini.

————————————————————-

Palang Pintu

Adu silat adalah salah satu adegan yang selalu muncul pada kesenian Palang Pintu.

Perkawinan, adalah salah satu perjalanan manusia yang dianggap sakral oleh masyarakat Betawi. Saking sakralnya, maka ada beberapa prosesi yang harus dilalui kedua mempelai
menjelang pernikahannya. Salah satunya adalah Palang Pintu.

Upacara pernikahan diawali dengan arak-arakkan calon pengantin pria menuju ke rumah calon istrinya. Dalam arak-arakan itu, selain iringan rebana ketimpring juga diikuti barisan sejumlah kerabat yang membawa sejumlah seserahan mulai dari roti buaya yang melambangkan kesetiaan abadi, sayur-mayur, uang, jajanan khas Betawi, dan pakaian.

Selain itu, perlengkapan kamar pengantin yang berat seperti tempat tidur serta lemari juga dibawa dalam prosesi arak-arakkan. Tradisi Palang Pintu ini merupakan pelengkap saat pengantin pria yang disebut “tuan raja mude” hendak memasuki rumah pengantin wanita atawa “tuan putri”. Nah, saat hendak masuk kediaman pengantin putri itulah, pihak pengantin wanita akan menghadang.

Awalnya, terjadi dialog yang sopan. Masing-masing saling bertukar salam, masing-masing saling mendoakan. Sampai akhirnya pelan-pelan situasi memanas lantaran pihak pengantin perempun ingin menguji kesaktian dan juga kepandaian pihak pengantin laki-laki dalam berilmu silat dan mengaji.

Baku hantam pun terjadi. Sudah pasti, akhirnya pihak lelakilah yang menang. (He he he… kalau pihak lelaki tak menang, tentu gak akan terjadi pernikahan bukan?). Usai memenangi pertarungan, pengantin perempuan pun biasanya meminta pihak lelaki untuk memamerkan kebolehannya dalam membaca Al Quran. Dan sudah pasti lagi, ujian ini pun mampu dilewatinya.

Adu Pantun

Berikut adalah drama satu babak ketika acara Palang Pintu berlangsung yang diwakili oleh pihak pengantin Perempuan (P) dan pihak penganti Laki (L).

P: Eh … bang-bang berenti, bang budeg ape luh…Eh… bang nih ape maksudnye nih … selong-selonong di kampung orang, Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade yang punye?…

Eh… Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue kudu permisi.

L: Oh… jadi lewat kampung sini kudu permisi, bang.

P: Iye emangnye lu kate nih tegalan.

L: maafin aye bang, kalo kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati sudare-sudare…Sebelomnye aye pengen ucapin dulu nih Bang…Assalamu, alaikum.

P: Alaikum salam…

L: Begini bang…makan sekuteng di Pasar Jum,at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati.

P: Oh … jadi lu uda niat dateng kemari…eh…Bang, kalo makan buah kenari…, jangan ditelen biji-bijinye…kalo ku udeh niat dateng kemari…gue pengen tahu ape hajatnye?…

L:Oh… jadi Abang pengen tahu ape hajatnye…emang Abang kage di kasih tau ame tuan rumehnye…Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran perawan yang di dalam, kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari.

P: Oh… jadi lantaran perawan Abang kemari?…Eh… Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh… perawan ude ade yang punye.

L: Oh…jadi tuh perawan ude ade yang punye, eh …Bang crukcuk kuburan cine, kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye, tetep aje nih laki bakal jadiin.

P: …Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin, eh … bang kalo jalan lewat kemayoran, ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin.

L: Oh… jadi abang bekeras nih…eh …Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur.

P: Oh… jadi lu sangke kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh… nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye
L: Oh…jadi kalo mao dapet perawan sini ade saratnye, Bang…?

P : Ade…, jadi pelayan aje ada saratnye… apa lagi perawan…

L: Kalo begitu… sebutin saratnye… Bang…

P: Lu pengen tau ape saratnye…kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari
menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu

L: Oh… jadi kalo mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang…

P: Iye … kalo lu takut, lu pulang…

L: bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya
jagoan, aye bakal adepin satu-persatu.

Adu Jurus

Setelah adegan di atas, pemain palang pintu biasanya melanjutkan dengan
kembangan. Berikut adalah petikannya.

L: bang, lu tau dalemnye rawe, pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau namenye jaware, nih lu liat gue punye maenan (jalanin jurusnye ). Nih ….baru kembangnye …. Bang…ntar buahnye…

P: Kelape ijo ditusuk belati naek, perahu lurus jalannye, udeh banyak jago yang mati, nih jurus pukulannye (jalanin jurusnye)
kalo elu buahnye…
nih bijinye….

Adu Ngaji

Beradu jurus pun berakhir. Pihak pengantin lelaki keluar sebagai pemenang.
Perbincangan pun dilanjutkan kembali.

L: Gimane Bang…rase-rasenye jagoan Abang udeh pade rontok semua nih…
ape aye ame rombongan udah boleh masuk?…ape masih ade saratnye lagi Bang?…

P: Ntar dulu Bang, enak aje… pan lu tau…
buah cereme jangan diasinin
makan nasinye di kandang kude
sarat pertame emang lu ude penuin…
tapi masih ade sarat yang kedue…

L: Sebutin udah bang jangan lame-lame

P: Tukang lakse dagangnye malam
jalannya muter ke pasar kranji
gue minta elu jangan cume bise berantem
tapi gue pengen denger lu bise ngaji

L: Tumbuk ketan jadinye uli
ulinye juge kudui ditapeni
betaun-taun anak kampung gue bisa ngaji
lagu yang Abang minta aye bawain
(baca sikeh)

Gimane Bang… soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji abang udah dengerin
ape aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade saratnye lagi,
Bang?…

P: Cukup-cukup dah Bang…rase-rasenye kage sie-sie aye bebesanan ame Abang
soal silat Abang jago…soal ngaji Abang bise…aye Cuma bisa bilang…
buah mangga bukan sembarang mangga
buahnye satu tulung petikin
aye bangga bukan sembarang bangga
mantu yang begini yang aye arep-arepin
ahlan wasahlan buat Abang ame rombongan…
Assalamu, alaikum…
==

Penulis: jodhi yudono

silatindonesia@yahoogroups.com

About these ads

82 thoughts on “Palang Pintu ala Betawi

  1. @Romy
    Jauh juga sih Rom. Tapi bisa dicari alurnya.
    Kaya penyelesaian Shortest Path Problem (kayanya pernah denger deh… :razz: ).
    Tekwondo – Silat – Palang Pintu Betawi – Kawinan(jadi pengen, hehehe.. :mrgreen: )

  2. Wah,…
    anak-anak upload file tandingnya di youtube ya?
    Si Edwin emang termasuk yang jago tuh.
    Sayang kemarin g bisa ikut. Harus menyelesaikan tugas kuliah.
    Padahal hari itu dah ditunggu-tunggu :sad:

  3. Pingback: What about Pantun? « ilalang.al.haidar

  4. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mas Agung, salam kenal ya… Saya alumni Mesin FTUI angkatan 87. Saat ini kebetulan saya lagi buat proyek kecil-kecilan untuk mendokumentasikan hal-hal yang berkaitan dengan adat pernikahan suku Betawi, terutama di Depok termasuk adat Palang Pintu. Hasil dari dokumentasi ini, insya ALLAH akan digunakan selain publikasi juga untuk mengangkat local wisdom sebagai bagian dari upaya mengurangi kasus-kasus pernikahan ‘luar biasa’ di kota Depok, khususnya kec. Pancoran Mas.

    Saya sangat senang jika mas Agung bersedia membantu proyek kecil ini…

    Terima kasih.
    Wassalam
    Baron Noorwendo

  5. wa’alaikumussalam wr wb

    Salam kenal juga Mas. Wah…, saya mendapat kehormatan nih diajak ngerjain proyek ini. Meski saya orang Jawa, saya sangat tertarik dengan budaya Betawi. Saya ga tau bisa bantu apa Mas. Kira2 apa Mas?

  6. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Bang Agung ane jg kebetulan org sialt neh, ane mnta ijin neh bwt pasang ikalan d bloq ente…
    Ane mao pasang iklan Palang Pintu sangar “JAWARA” namanye..

    Sanggar “JAWARA”
    Pimpinan Bpk. Sarbini
    Kebon Nanas Selatan 2, Jt. Negara.
    Jakarta Timur.

    -iqbal-
    02191670020

    Teriam kasih bang yeh,,,

    Wassalam… Wr. Wb.

    -iqbal-

  7. Assalamualikum Wr. Wb,
    bagus bang tulisannya Ane salut bang…moga budaya betawi terus dilestarikan…salam buat abang2 encang-encing nyak babe yeh..pertahanin terus budaya kite…wasalam

  8. ass,,
    minta izin ie bang agung ane mau peke sedikit nih tulisan abang buat jadi pang pintu,,
    buat tgl 10 januari, diacara abang aye,,,,

    mohon doa restunya iee,,,,,

    wss,,

  9. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Bang Agung, Ane mao pasang iklan Palang Pintu lg yeh kale aje abang2 yg laen ber minat dan pengen ikt ngelestari in budaye betawi kite.. makasih yah bang…

    Sanggar “JAWARA”
    Pimpinan Bpk. Sarbini
    Kebon Nanas Selatan 2, Jt. Negara.
    Jakarta Timur.

    -iqbal-
    02191670020
    atau ke yg punye langsung dagh…
    Bpk. sarbini
    081380361922

    Teriam kasih bang yeh,,,

    Wassalam… Wr. Wb.

  10. kira2 kalau mau pakai acara plang pintu buat nikahan,hubunginya kemana y? & kira2 budgetnya brp y? thx

  11. lu tau dalemnye rawe,

    pasti lu tau kali semanan,

    kalo mau tau namenye jaware,

    nih lu liat gue punye maenan,,,,,,,,

  12. bang minta izin pake tulisan nye ye….
    bwat acare ane punye ust nikah, makasih bang …..
    ane yakin restin bwt budaya nyag kite cinte ….:D

  13. eh bang bulan roah jangan di itung-itung
    baca rawi pelan-pelan..
    eh banh aye malu ama almarhumnya bang pitung
    kalo anak betawi kaga bisa maen pukulan …

  14. roti buaye kembang kelape,di betawi buat arak”an

    biar kate ilmu gw kga seberape,tapi gw gw bikin usus lu berantakan

  15. ancriitt ni pantun kren jga bang….
    hehehh,,, thanks ni bang
    i love budaye betawi, qite lestariin budaya betwi ni untuk qite en’ untk masa depan ank cu2 qita :-)

    • Eh bang ngapain jauh jauh ke ciawi,
      Kalo cume beli kuaci.
      Bang jangan ngaku cinte betawi.
      Kalo lu kage bise ngaji.
      Hehe.

      ‘Cingkrik sinan kebon jeruk’

  16. si markum, ketanah abang
    assalamualaikum bang

    pade jago pantun nih numpang dikit ah

    eh bang
    gambang kromong pimpinan haji miran
    palanye licin udeh seperti batu bata
    eh bang kalo ngomong pade pake pikiran
    jangan sampe nih batu cincin nempel di mata

  17. Satu lagi bang kalo ade yang nanyain palang pintu tinggal ngebel kemari aje ye

    081298160485
    021933-02453
    Agung SKMB
    jl raya gotong royong kampung lio parigi lama rt 01/02
    kecamatan pondok aren tangerang selatan
    15227

    buat lestariin kebudayaan betawi

    bang rumah joglo bukan sembarang joglo
    pagernya bediri pake tiangnye
    eh bang nih jago bukan sembarang jago
    tapi nih jago belon ada tandingannye heee……

    assalamualaikum bang,mohon maav aye ucapin terima kasih

  18. Asalamualaikum..
    Aye juga mao numpang pasang iklan nih, itung-itung buat nambe penghasilan, juge buat ngelestariin budaye betawi..

    Kalo ade nyang mao nyari arak-arakan penganten betawi, palang pintu, ondel-ondel dll, bisa hubungin aye:
    SANGGAR ARDI BETAWI
    Jl. Johar baru utara 3 no.37
    Jakarta pusat
    Telp 02193280183 / 02141504896

    Makasih ye…
    Wasalam..

  19. bawa barah ke pasar cikini…
    barahnye satu di bawa preman…
    klo emang abang jaware sini…
    neh hadepin gue punya permainan…

  20. bawa barah kepasar cikini…
    barahnye satu dibawa preman…
    klo emang abang jaware sini…
    neh hadepin gue punya permaenan…

  21. bujug dah pantunya pada jago jago banget da’ahhh… lam kenal bang ane dari pengasinan sawangan depok nehhh…

  22. abang bang ape mpo mpo yang pada mohajatan n mo panggil palang pintu, di tempat ane jg ada neh…di sawangan depok di kontak aje di sininihhh…02192924280

  23. Assalamualaikum

    Diatas gonggo dibawah gonggo
    Gonggo item jangan dimatiin
    Eh biar abang emang jago
    Marih kite buktiin

    Maaf bang hanye becande.. Herman kampung ragunan

  24. assalamualaikum.

    eh bng ni golok bkan sembarang golok bng
    ngmbilnya di cibatu bulan mulut tanggal 1 bng

    eh bng llu pnya mulut jngn gerata gerutu bng
    gw bacok kepala llu satu persatu bng..

    salam dari :
    boam betawie tanah kusir 5

  25. jalan-jalan ke tanjung duren pulangnye lewat haji muale , eh lu anak baru kemaren jangan ngelunjang same yang tue .

  26. eh bang gambang kromong dari kerawang ,
    buka lapang nunggu yang beli ,
    eh bang lu kalo ngomong disini jangan sembarangan ,
    gue tabok lu masuk ke sempang bang lili .

  27. ehh bang ,, di kiri tembok , kanan tembok ..
    tembok sebelah gw tendang jebol ..
    ehh tampang lu udah gomblok ..
    muka lu kaya tatakan ompol ..

  28. eh bang ambil wudhu di waktu zhuhur ,
    cuci tangan lu jangan sampai kotor ,
    eh bang di kampung lu boleh tersohor ,
    tapi disini lu gue keja jontor .

  29. Numpang mantun akh…

    Es kemong buah kedondong
    Gue pikul pake berarak
    Lu ngomong jangan pade sombong
    Entar gue pukul lu muntah berak

    “Safri_Kamp Gedong”

    • Eh bang rumput darat tumbuh didarat.
      Labuh aer aye pungutin.
      Bang jangan kate ngajak ribut di darat.
      Ngajak ribut di aer masih aye turutin.

      Salam aje dari ‘CINGKRIK KONG SINAN’
      Hapis nyang punye kebon jeruk.

  30. Tuuuhhh kan, bang Agung sing wong jowo ae sampai sebegitunya,,, PRnya,, gmn buat kita-kita nang ngaku jd orang betawi++ Lam kenal Hendra okill @palang pintupengasinan— sawangan depok,, bisa Hub 02197127006,,

  31. assalamu’alaikum abang2 ..
    sekirenye ade yang mw nyari palang pintu buat pernikahan , hub aye bang ..
    palang pintu + marawisnye ..
    sanggar : SI BONTOT.
    pimpinan : Baba Sa’alih Guna
    alamat : jln H.Nabet , Kebon jeruk
    jakarta barat .
    no tlp . 083871211020
    kalo masalah badguet ngmng langsung k’pimpinan aje ye .
    trimakasih Bang Agung .
    Wassalam .

  32. hahaha mantaaap. pantunny2a ga ada lawan. aku suka yang ini:

    Tukang lakse dagangnye malam
    jalannya muter ke pasar kranji
    gue minta elu jangan cume bise berantem
    tapi gue pengen denger lu bise ngaji

    Baby Pink

  33. peci ane bang warnanye item..
    kaga muat bang ane paksain..
    bang sebenernya ane benci ame orang berantem..
    tapi apa boleh buat kalo abang nyang maksain..

    (mbari mungut peci)

  34. kite juga ada nih bang..
    sanggar betawi “perhimpunan pencak silat h.ridwan”
    tempatnye di jl.ayama (deket bang piping tukang bikin marawis) batu ampar,condet. jakarta timur..
    ada palang pintu+marawisnye bang..
    masalah budget bisa diomongin dah..
    contact person :
    yahya
    083871677109

  35. ehh bang misii aye tumpang pantun
    ikan hiuu sodare ikan gabus
    biar kate badan aye kurus
    eh peluru aje gx tembuss

  36. Ni salah satu tradisi yang unik ya dan semoga palang pintu ala betawi tetap terjaga dan dilestarikan kebudayaannya :)

  37. Baju Merah Celana Merah
    Lobang Bellut gue pancingin
    eh bang nih hari jangam ampe gue marah
    lobang hidung lu gue kencingin

    by : SANGGAR 5 PHANCER
    JAKARTA BARAT

  38. Salam Bang. Pantunnye bagus bang, ane mohon izin copas abang punye. lestarikan terus Betawi punya keunikan. Makasih Bang.

  39. bang aye punye pantun nih …ayam pitik lari lari
    kupu kupu terbang ke awan
    jangan kan luh sendiri sekampung pun aye lawan

    • bang masang pantun dikit dari aye murid blok daon AAT ..

      ehh bang , ini rawe dulunya angker
      sekarang jadi pemancingan
      lu kalo bawa jawara yang rada keker bang
      jangan kaya orang cacingan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s