Di Balik sebuah Undangan

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sepasang-cintaWarnanya biru. Tertulis “Anis & Kusno”, catatan kakinya “QS Ar Rum:21”. Yup, apalagi kalau bukan undangan pernikahan. Jangan salah sangka dulu. Saya tidak belum berencana menulis tutorial “Tahap-tahap Melaksanakan Pernikahan”๐Ÿ˜€ .

Undangan itu dari Mba’ Anis, buat saya. Mba’ Anis bukan teman main gundu saat saya kecil. Bukan juga teman sekelas waktu SMA. Singkat cerita, saya bukan siapa-siapanya Mba’ Anis. Kami saling kenal hanya karena saya sering numpang makan gratis di warungnya.

Bagi saya, ini undangan bukan sembarang undangan.ย  Mba’ Anis sudi mengundang saya, si bukan siapa-siapa, ke acara yang sangat istimewa bagi dia. She acknowledges my existence. Itu yang membuat undangan ini istimewa.

Nah, sesuai didikan Rosulullahย  Muhammad SAW, tentang hak seorang muslim terhadap muslim lainnya, maka saya penuhi undangan. Saya datang dengan penampilan terbaik, pakaian rapi, se-elegan mungkin, bukan hanya untuk menghormati diri saya sendiri di depan para tamu lainnya, tapi juga untuk menghormati orang yang mau mengakui keberadaan saya. Pokoknya hari itu saya ganteng banget deh (tidak jauh beda dari biasanya kok๐Ÿ˜Ž ).

Karena dalam kaidah orang Jawa makan sambil bicara itu tidak sopan, maka saya tidak membuka pembicaraan dengan tamu lain saat kamiย  menyantap berbagai menu prasmanan. Iseng-iseng daripada makan sambil bengong, mending makan sambil mikir. Mencoba mengingat apa saja hak seorang muslim terhadap muslim lainnya dan kenapa itu dijadikan hak.

Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada 6 (saya lupa kalimat asli hadistnya):

1. Kalau bertemu, berilah salam.
2. Kalau diundang, ya datanglah.
3. Kalau dimintai nasihat, beri nasihat yang baik.
4. Kalau mendengar seorang muslim bersin lantas dia memuji Allah, maka kita mendo’akannya.
5. Kalau saudara kita sakit, kita jenguk.
6. Kalau ada yang meninggal, kita ikut mengantar jenazahnya.

Hadist ini riwayatkan oleh Imam Turmudzi (kadang disebut Tirmidzi atau Turmidzi) dan Imam Muslim (ada yang tahu kalimat aslinya? Please…)


Mengapa dijadikan hak?

Iseng-iseng lagi, saya mikir mengapa 6 hal itu dijadikan hak? Setelah berpikir keras (sambil makan prasmanan๐Ÿ˜€ ), alhamdulillah nemu salah satu jawaban. Ternyata simpel. Dengan 6 poin tadi, Rosulullah SAW mengajarkan pada kita untuk menghargai keberadaan orang lain. Ilmu yang simpel dengan nilai hikmah yang luar biasa๐Ÿ˜€ .

Kalau ketemu disapa dan diberi salam, kalau sakit dijenguk, kalau diundang datang, kalau bersin dido’akan adalah bentuk bahwa kita mengakui keberadaan orang lain. Mengakui bahwa mereka ada. Mengakui bahwa mereka punya peran penting bagi kita.

Bahkan setelah meninggal pun, kita diajari untuk menghormati keberadaan si jenazah. Dianggap ada itu nikmat yang luar biasa bukan? Dan dianggap tidak ada itu jauh lebih sakit daripada dibenci, betul?

Sungguh nilai yang luar biasa besar yang terkandung dalam hadist yang sederhana. Memang ilmu Allah itu ada di mana-mana. Di balik undangan pernikahan pun ada. Sampai-sampai tinta sebanyak 7 lautan pun tidak akan cukup menuliskan ilmu Allah yang penuh hikmah.

Nah, kalau begitu, ayo kita rame-rame “acknowledge every body’e existence”. Hargai keberadaan mereka dan tunjukkan kalau setiap orang penting bagi kita๐Ÿ˜€ . Mari kita laksanakan 6 hak saudara kita terhadap diri kita๐Ÿ˜› .

61 thoughts on “Di Balik sebuah Undangan

  1. Siap melakasnakan …

    Saya juga sudah mencetak undangan, tapi nama mempelai lelaki belum ada๐Ÿ™‚


    Janga diisi dulu dengan nama saya ya Mbak. Saya juga masih mikir2:mrgreen: ๐Ÿ˜† . Kabuuuur….!

  2. Dalam riwayat Imam Bukhari (1/418 no. 1183), Imam Muslim (4/1704-1705 no. 2162), dan lain-lain dari Abu Hurairah rodhiyallohu ‘anhu, beliau mendengar Rasululloh Shallallohu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

    “Hak muslim atas muslim (lainnya) ada lima : menjawab salam, menjenguk orang yang sakit, mengantar jenazah, memenuhi undangan, dan mengucapkan tasymit kepada orang yang bersin.”

    Ucapan tasymit berbunyi “yarhamukalloh” (semoga Alloh merahmatimu) kepada seorang muslim yang ketika bersin mengucapkan alhamdulillah (segala puji hanya milik Alloh)

    Lihat an Nihayah fi Gharibil Hadits wal Atsar, 1/889.
    Majalah As-Sunnah Edisi Khusus (7-8)/Tahun X/1427H/2006M

    Siiip…! Itu yang 5 hal ya?! Terimakasih banyak Mas.๐Ÿ˜€

  3. ngeliat judul dan kalimat kalimat awal dari tulisan ini, kirain intinya tentang pernikahan, ternyata tentang hak muslim terhadap muslim lainnya.. hehhe.

    ISLAM memang indah..๐Ÿ™‚
    sampai mati pun manusia masih diakui eksistensinya..
    bahkan sampai sudah menyatu dengan tanah juga masih dihargai, dengan dikunjungi kuburannya secara rutin setidaknya oleh orangtua, anak, suami/istri, dan saudara-saudaranya.

    alhamdulillah.. saya bersyukur dari lahir udah ISLAM.. hehhe.๐Ÿ˜€

    Betuulll….! Alhamdulillah…..๐Ÿ˜€
    ~sedang berusaha menghargai orang yang aku cintai dengan mengucapkan “terimakasih, maaf, aku cinta padamu”. Meskipun masih sulit http://alterzero.files.wordpress.com/2008/11/download7.gif?w=50&h=50 .

  4. Tinggal nunggu undangan yang tertulis “xxxxx & Agung”….๐Ÿ˜€


    xxxxx…, hmm…! Wanita yang namanya terdiri dari lima karakter. Siapa Njar???๐Ÿ˜Ž
    Kayaknya saya bener-bener ga tau.๐Ÿ˜€

  5. Haq almuslimin ‘alaa almuslimin sittun… Yang itu kan bhs arabรฑ…
    Oke dtunggu d undangan nt juga! Rencananya 1 tahun lagi bukan!๐Ÿ™‚


    Yang pertama bener๐Ÿ˜Ž .
    Yang kedua Spoiler nih…๐Ÿ˜€
    ~spoiler tidak bisa dijamin kebenarannya.

  6. Nanti akan ada undangan datang ke rumah, bahkan ada undangan online di salah satu websitenya. Undangan tersebut warna putih, tertulis dengan tinta emas nama : Agung & …

    Hehehe… cepetan sana gung๐Ÿ™„

    Mengenai hak… hmm… selama ini masih blm bener nich ngejalaninnya. Terutama masalah undangan.

    Btw, sebenarnya inti postingan ini pernikahan kan ?:mrgreen:


    Hmm…, sip. Saya tunggu template undangannya. Sudah bersedia membuatkan desain undangannya kan??๐Ÿ˜€

    Moga-moga kita jadi orang yang benar2 bisa menjaga hak saudara2 kita Gyl๐Ÿ˜Ž . Tapi, inti pernikahan ini,… eh salah, inti tulisan ini bukan pernikahan. Undangan pernikahan tadi cuma pengantar.

  7. judul –> dibalik sebuah undangan
    dibalik sebuah undangan pasti nama orang yang mo nikahan bang agung, heheh:mrgreen:


    Hehe…, kamu salah kali ini๐Ÿ™‚ . Nama orangnya ada di depan.๐Ÿ˜Ž

  8. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallaahu anhu, ia berkata:
    Sesungguhnya Rasulullaah shalallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

    “Hak muslim atas muslim yang lain ada enam. Dikatakan, “Apa yang 6 itu ya Rasulullaah?”
    Rasulullaah shalallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:
    Apabila engkau bertemu dengan saudara muslim yang lain, maka ucapkanlah salam kepadanya;
    Apabila ia mengundangmu, maka penuhilah undangannya;
    Apabila ia meminta nasihat kepadamu maka berikanlah nasihat kepadanya;
    Apabila ia bersin dan mengucapkan alhamdulillah, maka ucapkanlah yarhamukallah;
    Apabila ia sakit maka tengoklah;
    Apabila ia meninggal dunia maka hantarkanlah sampai ke kuburnya.”


    Wah…, terimakasih atas bantuannya. Kalau boleh tahu, sanad dari hadist ini bagaimana?๐Ÿ™‚

  9. Pertama baca sempet bingung๐Ÿ™‚ btw

    “Wanita dinikahi karena empat hal; sebab kecantikannya, karena kedudukannya, karena hartanya, dan karena agamanya. Maka pilihlah yang beragama agar barakah kedua tanganmu” ( H.R. Muslim )

    bisa jadi pertimbangan memilih hehehehehehe

    P.S. gung, kamu jelez gak Mba’ Anis-mu nikah sama orang lain? hehehehehe


    Kayaknya memang masih bingung:mrgreen: .
    Wah…., sip. Makasih Mas dah diingetin tentang kriteria wanita yang layak jadi istri๐Ÿ˜€ .

    Kalo masalah cemburu, jelas engga’. Wong saya ga naksir dia๐Ÿ˜Ž . Apalagi saya bukan orang yang gampang cemburu, insya Allah. Saya punya prinsip “Rejeki saya itu adalah yang apa-apa yang masuk ke perut saya secara halal. Jodoh saya adalah siapa saja yang menikah dengan saya secara syar’i.”๐Ÿ˜€ . PERHATIKAN kata siapa saja.:mrgreen:

  10. Mas Agung ngundangnya liwat blog hehe.. tungguin aja ya..
    Loh kok jadi saya yang sok tau ya.. “Kabur ah.. naik motor biar cepet..”

    Om…om…, saya ga lagi nulis undangan ini!
    Wah…, para iki๐Ÿ™„ .
    Ck…ck…ck…, anak jaman sekarang.

  11. pasti klo saya nanya:
    “Kakak kpn nyusul?”
    “ditunggu undangannya..”
    ato
    “kayaknya ada yang kepengen nih..” :p

    itu semua udah bosen buat dijawab. ya kan?๐Ÿ˜€

    karena itu, saya akan bertanya..

    “undangannya mau dicetak dimana kak?”

    hehe…

    `komen gak penting` ^^

    Wuah…, ini anak juga ikut-ikutan.
    Oi Mbak…, inti tulisan kali ini bukan undangan๐Ÿ˜€ .

  12. saya baru baca komen kk di blog ryan. selasa ada penutupan sbf kak?
    ada sertifikat kelulusan segala???

    saya baru dateng sbf pas diskusi dinamika kelompok.. sebelumnya saya gak pernah dateng (dg alasan spt yg sudah saya tulis di blog saya yg sampe ada 2 part itu lho kak..)

    tapi saya ngerjain tugas dari humas media kok (bela diri) :p

    lulus gak ya…….

    haduh.. haduh..

    Mari kita lihat di forum kita tercinta, scele.ui.edu. Tepatnya di forum.umum๐Ÿ˜€ .

  13. selain itu, berusaha bisa bilang “selamat ulang tahun” juga kak,, hhehe.

    saya punya blog di wordpress juga looh,, hehehe. ~pamer


    Hoho…., selamat ulang tahun….๐Ÿ˜€
    ~nyindir nih ceritanya..๐Ÿ™„ ??

    Kamu punya blog di wordpress supaya klo ngasih komen di wordpress muncul fotomu ya?! Ngaku deh…๐Ÿ˜†

  14. tentang menghargai keberadaan orang lain..
    betul gung.. itu penting banget, walau kadang kita gak nyadar (ga nganggep seseorang “ada”) dan asik dengan teman2 dekat/”geng”/peer group kita sendiri..

    subhanallah ya.. Islam udah ngajarin sebuah pelajaran yg bagus banget..
    emg dah perkataannya Rasulullah SAW, kalo mo kita pikirin hikmah di baliknya, bakalan dalem banget dan emang pas banget sama fitrah kita


    Emang keren banget Islam itu. Prototipenya sudah ada. Seorang manusia biasa, namanya Muhammad (SAW) ibnu Abdullah.
    Tinggal kitanya aja mau ngejalanin apa enggak. Betul nggak Teh?๐Ÿ˜Ž

  15. Gung aku udah baca seluruh tulisanmu,,, intinya sech, bukan di tulisannya tapi di undangannya..hehehe

    menikahnya kapan gung?,,,,aku tunggu lho….


    Hoi…, ojo ngaco. Tak ketaki koen engko๐Ÿ˜Ž :mrgreen:

  16. Yes…….Betul Sekali. Menghargai orang lain baik yang kafir apalagi yang muslim…………kalo tidak salah sich begitu (berarti benar ya?)

    Wach kayaknya akan ada yang meniru gayaku nich…..bikin page berisi lowongan

    http://gubugsurya.wordpress.com/lowongan


    Anda benar… (untuk bait pertama)๐Ÿ˜Ž

    Anda salah… (untuk bait kedua)…:mrgreen:

    Nanti saya privat saja sama ente ya…, biar bisa bikin page “lowongan”๐Ÿ˜€ .

  17. Yang fitri tau, bunyi haditsnya begini kak..

    ” Hak seorang muslim atas muslim ada enam, yaitu jika bertemu maka ucapkan salam kepadanya, jika diundang maka penuhilah, jika dinasehati maka nasehati pulalah dia, jika bersin maka doakanlah, jika sakit kunjungilah dan jika meninggal maka antarkanlah ke kubur.” (HR. Muslim dan Abu Hurairah)

    kayaknya fitri tinggal menunggu undangan dari kak agung ni.. B)


    Wah…, makasih banyak Fit. Dah mau nyariin.๐Ÿ˜€
    Insya Allah bermanfaat.

  18. tenang gung, ane udah menghargai keberadaan nt koq :p

    ~pengumuman2, Agung udah punya calon loh, calon nya anak ******* (tuuuutttt…..):mrgreen:


    Wah..,terimakasih Mal atas penghargaannya. Saya dapat piagam ga, atas penghargaan itu?:mrgreen:

    Wah…, ternyata. Ente sama Ikhlas sama2 tukang gos*p ya…๐Ÿ™‚ . Apa ini (bergos*p ria) yang anak2 UN**IND lakukan klo lagi rapat direksi:mrgreen: .
    Sekali lagi, info ini tidak dapat dipertanggungjawabkan.
    ~kaya gw ada yang mau aja…

  19. tenang gung, ane udah menghargai keberadaan nt koq :p

    ~pengumuman2, Agung udah punya calon loh, calon nya anak ******* (tuuuutttt…..):mrgreen:

  20. Sebenarnya saya sudah ndak bingung loh gung… kamu sedang mengulas masalah Hak seorang muslim toh? hehehehe


    Wuah…., Anda benar. Tumben pinter. Hohoho…..kabuuuur๐Ÿ˜†

  21. wahhh semoga juga bisa kesampaian ceak undangan nikah๐Ÿ˜€
    doakan yah bro


    Saya do’akan semoga ente segera nikah bro (klo cetak undangan doank belum tentu nikah:mrgreen: ).

  22. ko kyk pernah tahu Mba ‘Anis, apalagi dengan pernyataan “.. makan di warungnya.” (sok kenal mode:on)

    iya…ya. Kayaknya kita memang pernah numpang makan di warung yang sama๐Ÿ˜€ …

    setahu saya pembahasan haditsnya (riwayat muslim) ada di syarah bulughul marom, gung

    Tengkiu feri mach mai sister๐Ÿ˜Ž

  23. terlihat simpel tapi ternyata berat juga menjalani spenuhnya.
    hhe. saya perhatikan di ui banyak orang2 membicarakan pernikahan, ga laki-laki ga perempuan. fitrah manusia ternyata.. ^^

  24. ga nyindir kok kak,, tapi ngasih tau.. hehehe.

    ga gitu kak. saya bikin di wordpress udah dari oktober kemarin,, hehe.. jadi bukan karena pingin fotonya keliatan. penasaran aja. wordpress itu kayak gimana. huehehe..๐Ÿ˜€

    @tamie: ada kok yg ga ngomongin.. namanya *piiip*it. hahahah๐Ÿ˜€

  25. sebagian besar perintah Allah adalah berkaitan dengan orang lain alias habblum minannas…
    kita lihat saja Rukun Islam..
    (1) Mengucap dua kalimah syahadat
    (2) Sembahyang lima waktu
    (3) Berpuasa sebulan dalam bulan Ramadhan
    (4) Menunaikan haji ke Baitullah (Mekah)
    (5) Menunaikan zakat
    Syahadat dan Naik haji.. habblum minallah
    Shalat, diperintahkan utk di masjid, habblum minannas..
    Puasa, merasakan kesusahan orang lain.. habblum minannas..
    Zakat, habblum minannas..

    memang..
    islam mengajarkan utk selalu menghargai orang lain…๐Ÿ˜‰

  26. yang saya tangkep dar dari hadist itu adalah : “my school is you”.

    artinya, stimulus kecil dari orang lain sekalipun, sebenarnya bs menjadi ladang pembelajaran bwt kita,.. So, semua orang adalah penting bagi kita. Karena ilmu bisa kita dapet dari siapa saja.

  27. Assalaamu’alaykum….

    Salam kenal dari saya, fadhly…saya temannya mas afif rasyidi

    membaca tulisan di atas, saya cuma mau berkomentar :

    iri sama yang ngasih undangan yah?

  28. Assalamualaykum..
    (jawab gung..!!! penuhi hak ku..!!! hehe..๐Ÿ™‚ )

    Bro.. Musuh bebuyutanmu pas SMA.. Mas Agung T..
    Nikah lho..
    Ambek dokter sisan sawangane..!!!
    Teko yo ..!!! Tanggal 27 Des..!!

  29. gunk gunk kamu juga ke blog-ku yg laen ya,sheputh.blogspot.com
    tapi aq yakin kamu pasti g akan comment, hehehe

  30. Asssalamualaikum mas..

    waduh, setuju aku!Bener..bener mas…di dunia ini manusia itu adalah makhluk individu juga makhluk sosial..

    menungso kuwi ora iso urip dhewe nek ora ditulungi karo wong liyo..
    yen awakmu pengen diregani wong liyo, reganono dhisik wong kuwi..ngono tho? Kabeh uwong ngerti rasane ora diregani konco kuwi nggak uenak benget.. opo maneh yen awakmu dianggep ora ono trus bahasa kerene dikacangi..wui..iku bener-bener menyakitkan hati..betul???

    mangkane Rasulullah ngajari opo wae seng mesti dikerjakno seng dijenengi “Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain..” benr ora mas?

    yo wes..aku cuma iso nulis koyo ngene
    matur nuwun mas…^^

  31. NB: aku ra telat kan ngasi komen di tulisan iki??aku cuma mo ngembangin keinginanku menulis ben iso nggawe blog koyo blog-e sampeyan…
    matur nuwun mas..^^

  32. Assalamualaikum,,,,,

    gak sabar pengen ngucapin buat agung
    baarokallahu laka wa baaroka ‘alaika wa jama’a bainahumaa fii khoir
    ~tulisannya bener gitu gak?

    ditunggu undangannya
    ~lah kok makin ngawur

    yok kita tunaikan hak kita untuk saudara kita seiman

  33. Wah kalau ilmunya seperti itu mas Agung banyak diantri cewk2. Siap2 yah, saya ikutan jadi panitia seleksi nasional… hihiy… Salam hangat.:mrgreen:

  34. hm..awalnya mikir kalo postingan ini bakal bicara ttg nikah + walimahannya mbak anis. E…ternyata tebakanku meleset. Hm.. Nice flow..


    Maksude nice flow iku opo?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s