Rencana Studi Melati

Big Ben in The Morning
Big Ben in The Morning

Motivasi dan Latar Belakang

Berdasarkan informasi dari HIMPUNAN Pendidik PAUD Seluruh Indonesia (HIMPAUDI), implementasi PAUD di Indonesia masih memiliki beberapa masalah utama yaitu: sebanyak sepertiga anak usia 3-6 tahun belum mendapatkan pelayanan PAUD; rendahnya keterlibatan keluarga;  dan pembelajarannya lebih fokus pada baca-tulis-hitung yang bernuansa akademik, padahal seharusnya 80% pembelajarannya anak usia dini berfokus pada pembentukan sikap. Permasalahan ini harus segera diatasi agar kualitas pendidikan anak usia dini meningkat dan dapat membantu anak-anak untuk bertumbuh kembang secara optimal.

Sementara itu pada segmen informal tumbuh tren inisiatif personal atau kelompok (Keluarga Kita, Komunitas Rangkul, Institut Ibu Profesional dll) yang memfasilitasi para orang tua untuk belajar intensif tentang konsep orang tua ideal serta metode pengasuhan dan pendidikan anak. Tren ini terutama berkembang pada komunitas orang tua di segmen ekonomi menengah ke atas.

Berbekal pendidikan di bidang psikologi, pengalaman kerja di ranah community development, serta pengalaman personal dalam mendidik anak balita, saya berkomitmen untuk mengambil bagian dalam penuntasan permasalahan tersebut. Saya berencana untuk berkarir dalam dunia psikologi perkembangan dan pendidikan, serta mendalami bagaimana cara melibatkan keluarga dalam proses pengasuhan dan pendidikan anak usia dini, terutama yang berkaitan dengan pembentukan sikap dan karakter. Saya ingin menggali lebih dalam apakah konten dan metode pembelajaran dalam wadah/komunitas informal tersebut sudah efektif dan apakah hal itu dapat diaplikasikan secara terstruktur dalam lembaga PAUD di semua segmen masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, saya perlu meningkatkan pengetahuan dan kompetensi agar dapat memberikan dampak yang lebih luas dan signifikan. Saya perlu meningkatkan keahlian di bidang psikologi perkembangan dan pendidikan, memperkaya pengalaman riset, dan memperbanyak pengalaman mengimplementasikan psikologi dan temuannya pada masyarakat atau kebijakan pemerintah terkait pendidikan. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menempuh studi Developmental and Educational Psychology di University College London (UCL) yang berlokasi di Inggris. Developmental and Educational Psychology adalah studi mendalam tentang riset di bidang psikologi perkembangan dan pendidikan serta cara mengkontribusikan hasil riset tersebut pada penyusunan kebijakan di bidang pendidikan.

Saya memilih studi master di UCL karena universitas ini selalu berada dalam ranking 10 besar dunia. Bahkan, Institute of Education-nya menduduki peringkat 1 dalam QS World University Ranking 2016. UCL juga menjadi pusat studi di dunia untuk ilmu pendidikan dan ilmu sosial, sehingga saya dapat berkesempatan untuk belajar langsung dari para peneliti dan praktisi terkemuka. Research Exellent Framework dari departemen Psychology and Human Development UCL, telah diakui sebagai “world leading” atau “internationally exellent”.  Adapun program studinya sendiri telah terakreditasi oleh British Psychological Society dan diakui oleh Economic and Social Research Council.

Rincian Rencana Studi
Rincian rencana studi saya yaitu:
Universitas : University College London
Subject Area : Psychology and Special Education Needs
Fakultas : Institute of Education
Program/Jurusan : Developmental and Educational Psychology MSc

Program perkuliahan dilaksanakan selama 1 tahun, dimulai pada September 2018 hingga September 2019. Rincian sks/kredit perkuliahan yang ditempuh yaitu sebagai berikut:

Modul Perkuliahan Jumlah SKS
Modul Utama:
– Methodology and Statistic
– Qualitative Data Analysis
60 sks
Modul Pilihan
– Developmental Psychology (30 sks)
– Personality and Social Psychology (30 sks)
– Cognitive Development and Learning (30 sks)
– Social Development (30 sks)
– Core Topics in Psychology of Education (30 sks)
60 sks
Disertasi/Laporan (10.000-12.000 kata) 60 sks
Total SKS 180 sks

Topik Tesis

Topik tesis perkuliahan yang saya rencanakan yaitu pendidikan bagi orang tua/keluarga dalam metode pengasuhan dan pendidikan anak. Saya berencana meneliti tentang pendidikan keluarga yang dilaksanakan komunitas informal di Indonesia dan mencari tahu pembelajaran apa yang efektif dan bagaimana pembelajaran dalam komunitas tersebut dapat membantu keluarga/orang tua dalam mendidik anaknya secara optimal.  Hasil riset tersebut dapat diadaptasi dan diimplementasikan konsepnya pada komunitas keluarga di segmen sosial yang berbeda. Selain itu saya juga ingin menggali kemungkinan konsep pendidikannya dapat diadaptasi oleh pemerintah secara terstruktur sebagai bentuk upaya nyata untuk mengefektifkan lembaga PAUD dan meningkatkan pendidikan anak usia dini melalui pembekalan kepada orang tua/keluarganya.

Aktivitas di luar perkualiahan

Saya berencana untuk bergabung dengan PPI London agar dapat membangun jaringan pertemanan dan jaringan profesional. Selain itu, saya juga ingin bergabung dalam Volunteering Services Unit (VSU) dalam UCL’s Student’s Union agar dapat berkesempatan terlibat dalam berbagai projek sukarela yang dilakukan di berbagai komunitas di London. Ini merupakan peluang untuk mempelajari keterampilan baru, mengenal lebih banyak orang, memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan keterampilan berinteraksi dengan masyarakat dari budaya yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s