Gerbong Wanita? Semoga Cewek Banget

Hari ini PT KA resmi mengoperasikan gerbong khusus wanita untuk rute KRL Jakarta-Bogor. Gerbong yang diletakkan saling berjauhan ini (masing-masing di ujung depan dan belakang) didandani penuh dengan warna ping. Mungkin maksudnya agar terlihat lebih feminin.

Menurut hukum positif Indonesia, haram hukumnya bagi laki-laki untuk menginjakkan kaki di gerbong ini (mungkin Pak Kondektur dapet kompensasi kali ya). Suami pun tak diijinkan menemani istrinya di gerbong ini. Bila mau naik kereta berdua, ya silakan pakai gerbong umum. MANTAB JAYA!!!

——fles bek 5 tahun yang lalu——

Dua orang pemuda (hampir) gelandangan naik KRL Jakarta-Depok untuk nyari koskosan di daerah Salemba. Seumur-umur belum pernah naik kereta dalam kota, kaget juga 2 pemuda ini dengan kesempatan yang ditawarkan si ular besi di pagi hari. MBATI…! Ya, kesempatan, atau lebih tepatnya terpaksa mbati. Nyaho, mbati teh naon? Oke, saya jelaskan sebentar.

Mbati berasal dari Bahasa Jawa, bati yang artinya mengambil untung. Secara istilah -yang digunakan oleh teman-teman sebaya di kampung halaman-, mbati berarti tindakan laki-laki yang mengambil untung dari perempuan -untuk hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas.

Sepanjang jalan, si pemuda 1 berpikir tentang ‘kesempatan’ yang ditawarkan, tentang terancamnya hak-hak wanita di kolong besi ini. Dia berazam, tak akan pernah memperbolehkan adiknya (belum mikirin istri, maklum waktu itu masih bujang) naik KRL di jam-jam sibuk. Di sebelahnya, pemuda 2 sibuk mencari pegangan. Entah apa yang dipikirkannya saat itu. Yang jelas, saat turun di Cikini dia langsung bilang, “Parah, Pek!

——back to the future current time——

Saya berharap dan berdoa, langkah penyediaan gerbong khusus ini akan lebih menjaga kehormatan wanita … dan semoga segera tidak ada lagi kegiatan mbati di transportasi umum, walau hanya terpaksa.

Gerbong wanita sudah dimodif agar terkesan ‘cewek banget’. Tinggal penumpang laki-lakinya, apakah cukup jantan untuk tidak egois dengan memaksa naik gerbong kaum hawa. Dan tentu saja, semoga petugas pelaksana KRL juga cukup disiplin menjaga gerbong wanita agar tetap untuk wanita.

Nah, buat yang ngaku laki-laki, sudah jantankah kita untuk tidak egois dan siap membantu pelaksanaan gerbong wanita ini?

|
|
Jadi ingat kereta ekonomi Surabaya-Jakarata.

20 thoughts on “Gerbong Wanita? Semoga Cewek Banget

  1. Iya, gung saya setuju juga.
    2 gerbong sudah merupakan langkah maju dari PT KCJ.
    Mdh2an kedepannya bisa disesuaikan lg porsinya ya.🙂

  2. berharap komuter daerah sidoarjo-surabaya juga ada gerbong khusus perempuannya.. amin
    btw, dulu mas e waktu di SMA 5 ..sekelas sama eris septiana tak? ato sama Sigit/Rizalul/Rahardi/Melati/Lucky Lucinda?

      • komuter kalo jam2 berangkat/pulang kerja bener2 berjubel..
        senggol sana senggol sini…wekekkeke… perempuan laik-laki yah campur aduk gitu deh… banyak2 istighfar aja deh kalo naek komuter..haha.. soalnya murah sih.. sidoarjo-surabaya cuma 2 ribu..
        yg berdiri sama yang duduk banyakan yg duduk..

        eris temen seangkatan kuliahku di biologi…

  3. 1. itu dapet fotonya dari mana mas? berarti sampen sempet foto dan secara tidak langsung mampir ke gerbong wanita dong? ahahaha

    2. mbati? itu bahasa arek2 Suroboyo juga? Jadi inget nama perusahaan tugas “Adbis” kita dulu, kayanya emang bahasa gaul disono aneh2 deh, hahahaha

  4. Selain itu, perlu kesadaran juga dari penumpang wanita, serta pengarahan dari petugas KA agar wanita lebih memprioritaskan diri naik gerbong ujung-ujung daripada gerbong tengah-tengah.
    Kalo engga, bisa-bisa penuh di tengah aje nih….

    Ibaratnya, gerbong 2-7 akan semakin sesak dengan perpindahan para lelaki dari gerbong 1 & 8.
    Maka perlu diimbangi juga dengan pergeseran wanita ke gerbong 1 & 8. Kalo sekiranya udah cukup, baru deh monggo isi yang tengah-tengah…

    Kayak kemaren waktu pulang dari Sudirman naik kereta,,,
    Ada seorang Bapak bilang ke petugas karcis, “Wanita-nya suruh geser dong ke ujung!”
    🙂

  5. waaah ane kmaren baru denger dari si ipeh yg suka mondar mandir naek kereta om:mrgreen:
    iyaaah dindingnya pink-pink gitu? jadi pengennyobain dah..😀
    alhamdulillah deh kalo udah ada ini, risih juga sbnrnya tiap hari ngeliat kereta yg penuh dengan cowo (gmn nasip cewe2 yg ddlm kereta kl cowonya aja keliatan nggelantung di pintu dan duduk di atap kereta😆, fiuuuh)

  6. Tetep aja mas, ada yang cowok yang nyempil masuk gerbong.. cz gerbong buat perempuan nggak sebegitu penuh n gerbong lainya penuh bgt… Tapi beruntung ada ibu2 yang suka ngusirin orang2 yang suka nyempil kayak gitu, meskipun tetep ada yang ngotot tetep di gerbong khusus perempuan..

  7. assalamualaikum

    wah tak sengaja menemukan blog salah satu adek kelasq di smp dan sma yang super cerdas…….Agung…
    gmn kabar Gung? semoga selalu dalam lindungan Alloh
    gerbong khusus wanita ya? eehhmmmm……aq pernah salah naik lho waktu mau mudik kemaren dari stasiun bogor mau ke gambir……..seperti biasanya aq suka naik dari gerbong pakuan ekspress paling belakang, nah pas naik eh diusir sama satpam cewek….hehehehehe pas aq tanya ternyata itu gerbong khusus wanita…….akhirnya dengan wajah tak bersalah aq turun dan naik gerbong didepannya……..namun sayang gerbong itu masih khusus pada rangkaian pakuan ekspress, belum diterapkan di ekonomi ac bahkan di ekonomi biasa…..jadi pada kedua kereta itu masih berdesak2an antara cowok dan cewek…….semoga segera diterapkan di rangkaian kereta lainnya……btw sahabat saya alamanda syifa juga kasih komen ya? dia seangkatan aq Gung di biologi unair….cerdasnya seperti Agung juga…….

  8. uucchhh tetep aja cowo tuu gx pernah ngerhagain cewe
    apzh lgieh klw cewe mau berkarir pastiee cowo gx mau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s