CSR: Customer Relationship Management

Bismillahirrohmanirrohim…

“Bisa dibantu Pak?” 🙂

Apabila ada teller bank yang mengucapkan kalimat itu, berarti dia sedang menerapkan prinsip CSR . CSR atau Customer Relationship Management adalah usaha untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia kepada perusahaan kita. Usaha tersebut biasanya berupa pemberian nilai tambah terhadap kegiatan bisnis yang perusahaan lakukan dengan pelanggan.

Bagaimana cara memberikan nilai tambah itu?

  • Senyum. Membuat pelanggan merasa nyaman berada di sekitar kita.
  • Biarkan pelanggan melakukan pekerjaannya, seperti memilih barang. Kebanyakan orang tidak ingin diganggu saat melakukan eksplorasi.
  • Bantu pelanggan dengan memberikan keterangan tambahan atau menyarankan beberapa hal. “Mbak, ATM saya baru hilang. Tolong tarik semua uang saya di rekening ya Mbak. Biar aman,” .  “Oh…, atau mau diblokir saja Mas? Jadi uang di rekening tidak bisa ditarik melalui ATM.” (pengalaman pribadi)
  • Beri kesempatan pelanggan memberikan feed back. Ini bermanfaat bagi pelanggan (contohnya: komplain) dan bagi perusahaan (membantu mencari tahu kelemahan untuk segera diperbaiki)
  • Kustomisasi (personalisasi).
  • dll.

Tidak tamat tapi belum tentu bersambung.

13 thoughts on “CSR: Customer Relationship Management

  1. Hmmmm…. kayaknya ini prinsip Islami ya…
    Untuk bersodaqoh dengan salam, senyuman, perhatian.. sekaligus menuaikan hak sesama muslim atas diri kita….

  2. Wah, ada kata “kustomisasi” tuh, ga bener tuh… mending tetep “customization”… Ga ada “kustomisasi” di KBBI…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s