Petugas Donor Darah Tukang Tipu!

Seperti biasanya, tidak ada rasa takut untuk donor darah. Malah yang ada rasa gembira. Gembira sebagai donor dan gembira karena teringat masa lalu sebagai panitia.

“Silakan berbaring Mas. Gimana? Hari ini sehat?”, sambil menyiapkan jarum untuk menghisap darah, Mbak Donor Darah memulai rayuan maut.

“Mas, darahnya diambil dulu ya? Coba sekarang tarik nafas”. Tidak paham tentang teori aliran darah (kalau aliran data sih ngerti:mrgreen: ), ya saya nurut saja. Dan…. cussss, masuk deh si jarum ke pembuluh nadi.

Dari pada bengong sambil menunggu proses selesai, mending ngajak ngobrol Mbak Donor Darah. “Mbak, emang efeknya apa kok pakai tarik nafas dulu? Ada hubungannya sama tekanan darah?”

“Oh, ga ada kok Mas. Itu tadi cuma buat mengalihkan perhatian.”, kata beliau sambil tersenyum.

Wah, parah! Gw ditipu (kalimat aslinya “Parah pek! Aku dibujuki.”).

Tapi kali ini saya rela ditipu karena muslihatnya memang mujarab. Muslihatnya terbukti ampuh mengurangi rasa sakit akibat ditusuk jarum donor, fase yang paling sakit selain fase pencabutan jarum. Tapi jangan dibayangkan donor darah itu sakit lho…! Seorang anak kecil saja cukup untuk menahan sakit ini kok.


Jurus Mengalihkan Perhatian

Teknik mengalihkan perhatian memang ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Apapun jenis pengalihannya dan apapun jenis rasa sakitnya. Tinggal kita cari jurus pengalihan mana yang cocok untuk rasa sakit apa.

Sumpek karena banyak pekerjaan dan terasa tidak akan pernah selesai? Ayo alihkan dengan ngobrol bersama teman yang cukup sibuk mengerjakan aktivitasnya. Insya Allah kita akan semangat lagi. Kok bisa? Karena kita sadar bahwa kita tidak sendiri. Ada orang lain yang sama-sama sibuk.

Capek karena merasa ditinggalkan? Seolah seorang diri menanggung beban pekerjaan? Tinggal main ke teman-teman terdekat. Cerita sedikit. Dan kamu akan tahu bahwa ada satu batalyon yang siap berjuang bersamamu.

Sakit hati karena dikhianati? Kamu tinggal mengingat kembali tugas-tugasmu yang menumpuk, meraung-raung minta diselesaikan. Dan tenggelamlah dalam pekerjaan itu. Insya Allah kamu akan lupa dengan sakit hati.

Sedang punya masalah yang besar? Bahkan saking besarnya, satu batalyon temanmu tak cukup kuat untuk mengatasinya? Ayo curhat. Ceritakan saja pada Tuhanmu. Hei, ingat. Kamu punya Tuhan Yang Maha Besar. Rangkai kata, mari berdoa pada Allah Yang Kuasa. Kalau mau, lengkapi dengan sholat tahajud.

Donor darah kali ini mengajarkan banyak hal padaku. Terimakasih Mbak Donor Darah yang baik. Semoga Allah menjadikanmu perhiasan dunia yang terbaik pula. Ilmu Allah memang ada di mana-mana.

45 thoughts on “Petugas Donor Darah Tukang Tipu!

  1. Ih..mau dunk di tipu ama mbak2.. apalagi kalo mba2nya manis..๐Ÿ˜›

    Wah.. emang enak donor darah.. ibaratnya ngebuang darah kotor.. jadinya darah kita kan terganti dengan yang lebih baru. Dan juga tentunya yg paling gua seneng kalo ada acara ginian itu dapet bingkisan *moga2 mobil* yg menarik.. atawa sepiring mie dan telor.. eits.. jangan lupa suzu.. ew.. sedapp..๐Ÿ˜€

    ~hayoKitaDonorkenDarah

  2. assalam kak..

    berarti si mbak donor darah jago menyugesti orang tuh kak, biar nggak terlalu terasa sakitnya. hohohohho.

    yg ini..
    Capek karena merasa ditinggalkan? Seolah seorang diri menanggung beban pekerjaan? Tinggal main ke teman-teman terdekat. Cerita sedikit. Dan kamu akan tahu bahwa ada satu batalyon yang siap berjuang bersamamu.

    Sakit hati karena dikhianati? Kamu tinggal mengingat kembali tugas-tugasmu yang menumpuk, meraung-raung minta diselesaikan. Dan tenggelamlah dalam pekerjaan itu. Insya Allah kamu akan lupa dengan sakit hati.

    Sedang punya masalah yang besar? Bahkan saking besarnya, satu batalyon temanmu tak cukup kuat untuk mengatasinya? Ayo curhat. Ceritakan saja pada Tuhanmu. Hei, ingat. Kamu punya Tuhan Yang Maha Besar. Rangkai kata, mari berdoa pada Allah Yang Kuasa. Kalau mau, lengkapi dengan sholat tahajud.
    saya copy-paste-save ya kak. hehhee.. thanks..๐Ÿ˜€

  3. wahh.. selamet kowe gung.. Ditipu tapi dalam kebaikan..
    Persis Seminggu yang lalu (11 Okt 2008), aku yo Don-Dar..
    dan aku benar-benar ditipu..ditipu dengan kesesatan

    Nek kowe ambek petugas pengambil darah, aku nggak tanggung-tanggung pek….
    ambek DOKTER-e langsung…(Jembret..)

    Ceritanya: Kan sebelum Darah diambil, harus di skrining dulu.. Jenis darahnya apa, reshusnya apa, tekanan darahnya berapa, berat badan, tinggi badan,(itu standardnya)..
    Nah.. pas di tensi.. (sing nensi dokter-e..), iku benar2 asal-asalan..
    aku tau cara dia nensi adalah dengan sistem palpatoar..artinya hanya bisa mengetahui batas atas aja (sistole-nya).. tapi terNYATA..:
    DIA MENGANGGAP NORMAL BATAS DIASTOLE-kU (batas bawah).. SEKALI LAGI…>>
    MENGANGGAP NORMAL.. ALIAS “DIAWUR” ALIAS “MBOJOK” ALIAS “DUSTA”…(kata apa lagi yang cocok ya)

    truz.. aku diambil darahnya.. alhasil.. Mendekati angka 200 ml.. Kepala sudah terasa bergoyang.. Mual-mual datang menemaniku.. Persis angka 200 ml..:
    kulambaikan tangan ke petugas.. “Mbak..saya nggeliyeng”…(artinya: tanda-tanda shock).. Seketika itu juga jarum di lenganku dijabut..
    dan aku di vonis utk tidak melanjutkan Don-Dar.. (standard pengambilan adalah 350 ml)..

    aaargghhh… susu dan biskuit yang diberi tak cukup bisa mengobati kekecewaan ku..

    KEsimpulan : kalo mau Donor-Darah bawa susu dan biskuit banyak dari rumah… biar tingkat pelampiasan kekecewaan lebih besar..

  4. agung hehehe ngak kan mau sy kalau diminta ama bapak dokter. ngak mempan. kalau susternya cantik maka dengan senang hati darah sy diambil hehehe ambil sebanyak mungkin terserah asal bisa minta nomor telefon๐Ÿ™‚

  5. @havbanKalau Mbak-Mbak nya manis???๐Ÿ™„ Bisa-bisa darahnya makin cepet tuh ngalirnya. Wong jantung langsung dag dug dag dug dg cepat.๐Ÿ˜€
    Kemaren ga sempat dibingkis. Langsung makan di tempat.

    @Ikhma Hariyanti Batubara
    Iya, Mbak Donor Darahnya jago banget menyugesti pendonor๐Ÿ˜Ž .
    Wah, tulisan saya pake di-save segala. Kan itu tulisan cupu…
    Makasih ya…๐Ÿ™‚

    @icalmahdi
    Wah, moga-moga awakmu cepet waras Sal.
    Asik yo nek ngerti ilmu kedokteran.
    Keren, calon dokter’e….๐Ÿ˜€
    Thanx for sharing๐Ÿ™‚ .

    @kishandono
    Betul Mas. Ide pengalihan perhatian ini emang keren banget.

    @aRuL
    Ada apa2 apa nih?๐Ÿ˜†

    @parvian
    Iyo Mas. Kekuatan sugesti bisa “mengalahkan” kekuatan riil manusia.

    @sarahtidaksendiri
    Buat yang lain?๐Ÿ™„ Buat yang itu ya? (apaan sihc:mrgreen: )

    @Dalila Sadida
    Sama-sama Mbak. Semoga tulisan ini bermanfaat๐Ÿ™‚ . Terimakasih.

    @imankristen
    Wah…, semoga saja begitu Mas๐Ÿ˜€ .

    @ikpoe
    Ide bagus itu Khlas๐Ÿ˜Ž . Cocok buat orang narsis:mrgreen: .

    @uwiuw
    Hmmm….hm…๐Ÿ˜Ž
    Fahim…fahim….

  6. Waduh donor darah ya mas………saya dulu mau donor darah tapi ama ibu dokternya gak boleh……..katanya HBku rendah tapi semua itu ada hikmahnya karena memang tadinya aku gak mau donor gara-gara ada cewek yang aku suka disana takut riya ama dia…..eeeee…..ternyata Allah menhindarkan riya dengan cara yang lebih indah……kok jadi curhat????

  7. si mbak itu tampaknya penipu yg jujur. ya walau nipu dia tetep jujur kalo dia nipu.
    teman itu memang sungguh salah anugerah terindah Allah. jd pengen curhat ma temen nih.

    sayang saya kemarin ga bisa ikutan. tahun depan masih ada ga ya?

  8. mbak petugas: silahkan bebaring mas…
    saya: di sini yah mbak??
    mbak petugas :ya iya lah masa ya iyadong…
    saya :mbak pintunya di tutup aja…
    mbak petugas : biar aman yah..
    saya : heheheh ..

    mbak petugas : sini mas saya ambil darahnya…
    saya : :mrgreen:

  9. eits…
    main tipu2an?
    jangan2 kang agung mau nipu saya nih.

    jangan lupa, donor darah yuks.setidaknya 1 kali tiap 3 bulan.

  10. Sebenarnya pingin juga donor darah, tapi sayang aku takut sekali sama jarum suntik…, pernah sih aku sakit, dan setiap pagi harus diambil darahku untuk diperiksa, rasanya sakit banget….

    Salut deh buat kakak, Setetes darah bisa selamatkan jiwa lho kak..

  11. @gubugsurya
    Alhamdulillah. Ga jadi riya…๐Ÿ˜€ .

    Tapi saya jadi kuatir sendiri sama diri saya. Dondar pertama seneng banget. Soalnya yang jadi asisten petugas donor darah adalah seorang ukhti yang saya suka๐Ÿ˜ณ . Wah…, bahaya ini.

    Terimakasih dah diingetin.

    @TaMie
    Kayaknya Mbak Donor Darahnya emang penipu yang jujur. Habis nipu terus ngaku:mrgreen: .

    Teman emang anugerah luar biasa. Rosulullah SAW saja ngajarin bahwa saudara terdekat kita adalah tetangga terdekat. Teman bisa masuk kategori ini.

    Insya Allah semester depan ada lagi. Kamu ikutan Pengmas BEM Fasilkom aja. Biar sekalian bisa jadi inisiator atau panitia. Oke๐Ÿ˜€ .

    @email90
    Kalau teknik pengalihan perhatiannya dengan cara disuruh ngeblog pas dondar, wah… bisa keroptan Mbak Donor Darahnya. “Mas.. mas, tanggannya boleh pinjam sebentaaaar saja?! Please….๐Ÿ˜ฆ “.

    @Andra & my Backbone
    Ada Ndra, tapi ga lagi di tangan.๐Ÿ™‚

    @yakhanu
    Kalau ceritanya kaya gitu, mending saya kabur:mrgreen: .

    @hmcahyo
    Alhamdulillah Ibu Mas Cahyo ga sampe butuh transfusi darah. Moga-moga ibunya cepat pulih alias segar bugar kembali.

    @mahabbahtedja
    Ga kok. Bener, ane zuzur…๐Ÿ˜€
    Ayo rajin dondar…๐Ÿ˜›

    @yud14
    Yup…

    @redesya
    Saya dulu juga pernah lho Mbak disedot darahnya pake jarum suntik. Memang lebih sakit daripada disuntik obat.

    Tapi teknik nyedot di donor darah beda sama teknik nyedot darah pakai jarum suntik. Di donor darah, teknik yang digunakan jauh lebih manusiawi. Coba aja…๐Ÿ˜€

  12. Jadi inget dokter ortoped dulu waktu masi kecil. Waktu itu tanganq suakit pol.. abis jatuh kalo gak salah.

    Begitu sampek di ruangannya pak dokter. Bapaknya cuman senyam-senyum ajah.. terus bilang gini sambil megang tanganq.. “Hmm.. tak hitung sampek tiga yah..”

    Dengan dada berdegup kencang aq bersiap-siap.. “Saa… Tuu..” KRAAAAK!!!! tiba-tiba lenganq diplintir.. “Wadooowww!!!” Teriakq kaget.. agak sakit sedikit seh.. tapi begitu diplintir, sakitnya ilang..

    Hehehehe.. uasem pak dokternya.. gak konsisten!!! hmm.. tapi kalo gak gitu, paling tambah gak jadi-jadi dibenerin ototq soale wedi..

  13. @Adhilaras Putro
    Wuah…., doktere cuerdass banget. Harus nya bilang gini tuh dokter, “Tak itung sampe 3 ya? Satu… Dua…, Berani ga? Bener berani? Oke. Dua….., dah yakin? Oke siap ya…, Dua…, Ti….? Sakit lho ini. Gapapa kan? Ga….! PYAR!”
    ๐Ÿ˜€

  14. aslm..
    hwahh..keren-keren tuh caranya orang2 buat ngalihin perhatian..
    tapi.tapi,,
    knapa ya sampe sekarang saya masih takut sama yang namanya donor darah??

    apalagi waktu sd pernah hampir dites golongan darahnya tapi yang disedot dulu darahnya.ngeliat anak” yang lain pada kesakitan akhirnya saya kabur aja..hehehe,

  15. Wuahh…kirain beneran ditipu gmn gtu…??!! (Dasar)

    Senang yaa bs donor darah….berhubung punya darah rendah jd ga pernah boleh nich (Hikz…Hikz…)๐Ÿ˜ฆ

  16. belum pernah donor darah ni..
    dulu, waktu pertama kali umur 17 tahun, pas ada acara buat donor darah gitu pengen ikutan.. tapi langsung gagal di tahap pertama yaitu pas timbang berat badan.. ternyata fitri ga mencukupi batas minimalnya.. (45 kg)
    dan sampai sekarang juga sepertinya dengan alasan yang sama, ga ikutan lagi.. ๐Ÿ˜ฆ
    *usaha gemukin badan kok susah amet ya?

  17. Hmm… belum pernah donor darah tuch…

    Takut jarum… hehe:mrgreen:

    Pengalih perhatian. Cara lain itu ditusuk ditempat lain secara berbarengan, biar sakitnya terdistribusi. Selain itu dengan 2 jalur, lebih cepat penuh darah yang keluar.

    Bisa gak ya ? Ngawur itu๐Ÿ˜›

  18. Wah, Mas aku baru baca. Kalo aku ga ada rasa sakitnya sama sekali pas dicabut. Jadi berasa sakitnya cuma pas ditancep dan itu pun ga lebih dari sakit pas ditembak jarinya buat diambil sampel darah. Hohoho. Beruntung juga nadiku ukurannya gede jadi cepet banget kemaren. Hehe. Panglaris!!

  19. kok merasa ditipu sih? kan mbaknya cuma bilang tarik napas, ngga bilang “saya ambil darahnya besok ya?” atau “jarumnya ngga tajem kok” atau kalimat-kalimat lain yang berbunyi penipuan..

    itu namanya teknik distraksi Gung, salah satu cara untuk manajemen nyeri, bisa untuk nyeri yang lain-lain juga (udah nt sebutin di posting-an, tapi sayang gw bacanya skimming hehe) misalnya ibu melahirkan, meskipun lagi dijahit, dia ngga ngerasa sakit karena udah terdistraksi dengan rasa bahagia melihat bayinya yang lucu *jadi berpikir untuk membuat tulisan tentang manajemen nyeri*

    satu masukan lagi, mestinya bukan pembuluh nadi, karena pembuluh nadi kan arteri sedangkan pengambilan darah, infus, dll lewatnya vena, pembuluh darah yang bawa darah balik ke jantung alias bahasa biologi anak sma-nya pembuluh balik

  20. @fitrirachmawati
    Saya juga belum tau nih, gmn cara gemuk๐Ÿ˜€ .
    Saya do’akan semoga ente bisa ikutan bershodaqoh lewat dondar.
    Amiin.๐Ÿ™‚

    @Gyl
    Coba donor aja Gyl. Serius, ga begitu sakit. Lebih sakit kalau jatuh dari sepeda kok๐Ÿ˜€ .

    Pengalihan perhatian dengan cara ditusuk di tempat lain ya..๐Ÿ˜€ ???
    Berarti pakai cara pipelining dong???:mrgreen:

    @zahra
    Alhamdulillah acaranya lancar ya….
    Saudara-saudara…
    Perkenalkan, Zahra, Kepala Bidang Pengmas BEM Fasilkom UI, yg punya acara dondar kali ini๐Ÿ˜Ž .

    @pemi_ludi
    Hehehe…
    Soalnya Mbaknya bertampang serius waktu nyuruh tarik napas. Kirain harus bener2 tarik napas. Ternyata…๐Ÿ˜†

    Yang diambil darahnya itu vena ya??? Wah…, terimakasih informasinya. Insya Allah saya perbaiki tulisannya segera.

    @ayas
    Huhuhu…
    Maafkan diriku saudariku:mrgreen: .

  21. saya dari dulu belum pernah berhasil menyumbangkan darah ini..

    pertama:
    SMA kelas X –> belum cukup umur๐Ÿ˜›

    kedua:
    SMA kelas XI –> belum cukup umur juga

    ketiga:
    SMA kelas XII –> ternyata berat badan tidak mencukupi!!

    keempat:
    Awal2 masuk kuliah –> saat bapak saya butuh darah, golongan darah kami beda.

    sedikit mau curhat. knp ya kok belakangan ini Gol. darah A susah bgt dicari? keluarga saya hampir kewalahan wkt bpk butuh transfusi krn di keluarga saya gol. darahnya ikut ibu semua (B). Alhamdulillah, mahasiswa bpk di PNJ berinisiatif utk mencari mahasiswa yg gol. darahnnya A. Bahkan jumlahnya berlebih dan bisa nolong orang lain..

    moga aja saya masih dikasih kesempatan buat donorin darah saya. AMIIN!!

  22. betul tuh gung…

    saya sendiri yang ngalamin dan ngebuktiin… tadinya seorang downloader mania skarang udah tobat gak lagi gara-gara sibuk ngurusin amanah di organisasi…

    btw, saya blum pernah donor darah seumur hidup nih…(parah banget yah!)

  23. waduh , saya blm pernah ngerasain gmn rasanya d donor . cz wktu itu berat kurang pdhl lg pengen-pengennya . hiks . .

    knp kq suka donor mas ? ada kaitanx dg kesehatan kh ?


    Kalau belum cukup umur, hemoglobin kita masih mudah pecah. Ga tahan lama…,
    Jadi mubazir kalau didonorin. Itu yg diceritain Mbak Petugas pas saya pertama kali donor.

  24. saya blom pernah ikut donor darah
    anti ama yang namanya jarum suntik๐Ÿ˜€

    Enak kok Mas….
    Ayo ikutan..๐Ÿ˜›
    Insya Allah bermanfaat buat kita sama buat penerima darah kita.

  25. Aslm.. Hemm, dondar ya?? Asyik, tapi kita kudu benar2 waspada saat ini coz yang namanya panularan penyakit melalui darah makin banyak and cepat. So, yakinkan alat yang digunakan steril njih pak!! Jadi pas ketemu ma mbak2nya jangan terpesona dulu… hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s