Menulis Blog di WordPress: Pemula

Assalamualaikum wr wb

Oke, kita lanjutkan tutorial wordpress. Kali ini, tutorialnya adalah bagaimana membuat tulisan di wordpress. Sip, kita langsung saja masuk ke langkah per langkahnya.

0. Baca bismillah dulu…

1. Berikutnya jelas, kita harus login dahulu. Klik http://wordpress.com.

2. Kalau kita ada di halaman utama blog (misalkan: https://agungfirmansyah.wordpress.com) klik tulisan “New Post”. Posisinya ada di bagian atas.

gambar 2

3. Kalau kita ada di halaman “dahsboards” (tau kan dashboard? Lihat saja di sebelah menu “New Post”), klik tulisan “Write”.

gambar 1

4. Setelah melakukan langkah 2 atau 3, maka halaman ini akan muncul halaman untuk menulis. Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya. Langkah 5-8 akan menggunakan gambar ini.

halaman_write

5. Kolom “Title” untuk menulis judul tulisan. Kolom “Post” untuk menulis isi tulisan.

6. Kolom “Tags” untuk mendefinisikan genre tulisan kita atau hal-hal yang terkait dengan tulisan kita. Misalnya, bila tulisan berjudul “Doa Bulan Rajab” maka kolom “Tags” bisa diisi “Islam, doa, Rajab”. Kolom ini tidak wajib diisi kok.

7. Menu “Categories” berisi pilihan kategori tulisan. Bila kita belum pernah membuat kategori maka menu ini berisi satu kategori, yaitu “Uncategorized”. Bila ingin menambah kategori, klik saja tulisan “Add New Category”. Kita boleh memilih lebih dari satu kategori. Bila tidak memilih kategori maka “Uncategorized” akan terpilih secara otomatis.

8. Setelah selesai, klik tombol “Save” untuk menyimpan tulisan sebagai draft atau klik “Publish” bila ingin mempublikasikan tulisan kita di blog.

9. Klik tombol “Visit Site” untuk melihat halaman utama blog. Cek apakah tulisan Anda benar-benar telah terpublikasikan.

Oke, sampai ke-9 saya rasa cukup untuk membuat tulisan baru di wordpress. Tetapi, namanya juga manusia yang sifatnya tidak pernah puas. Mungkin akan bersliweran (tahu sliweran?) kata-kata “Gw kan pingin ada gambarnya?!” atau “Bagaimana caranya supaya tulisan kita bisa menyimpan link alamat lain?” atau “Tulisan saya terlalu panjang untuk muncul di halaman pertama. Bisakah yang muncul hanya awal kalimatnya saja?”

Tenang, keinginan-kenginan tersebut bisa diatasi oleh mesin wordpress. Oke, kita lanjut tutorialnya. Perhatikan gambar menu berikut ini.

menu_tambahan

10. Untuk memasukkan gambar, video, atau musik dari komputer ke blog, Anda bisa klik salah satu tombol “Add media”. Setelah di klik maka akan tampil formulir seperti ini.

form_upload
Klik tombol “choose files to upload”. Bentuk/tulisan tombol ini bisa saja berubah, tergantung keadaan browser.

11. Setelah gambar 100% ter-upload maka akan muncul tampilan seperti ini.

insert_image

12. Pilih “Alignment” gambar. “Alignment” adalah posisi gambar di tulisan Anda. Anda juga bisa mengganti judul gambar di kolom “Title”. Bahkan Anda juga bisa memberi keterangan pada gambar. Bila sudah puas, pilih tombol “Insert into Post”. Gambar akan muncul di tulisan Anda.

13. Bila setelah menyisipkan gambar Anda ingin mengubah “Alingment” gambar, klik saja gambarnya, maka akan muncul dua icon kecil di ujung kiri gambar. Klik icon sebelah kiri (edit image) maka akan muncul tampilan seperti ini.

edit_image2
pilih “Alignment” yang disukai. Setelah itu, klik “Update”.

Oke, kalimat “Gw kan pingin ada gambarnya” telah terjawab. Sekarang giliran membuat hyperlink tulisan sehingga bila kata/kalimat yang memiliki link tersebut diklik bisa langsung menuju ke link di belakangnya. Contoh : klik ini.

Perhatikan kembali gambar menu ini.
menu_tambahan

14. Pilih kalimat/kata yang ingin menyimpan hyperlink. Blok kalimat/kata tersebut.

15. Pilih menu yang bergambar ini tombol_link . Maka akan muncul form kecil seperti berikut. Isi kolom “Link URL” dengan alamat link yang ingin dituju. Untuk menu-menu yang lain, silakan coba-coba sendiri ya.

form_link

16. Bila berhasil maka tulisan yang menyimpan link tersebut akan berwarna biru.

Nah, urusan ling-lingan sudah beres. Sekarang bagaimana agar hanya awal tulisan saja yang muncul di halaman utama. Contohnya seperti ini:

contoh_tulisan

17. Caranya, arahkan kursor pada tulisan yang ingin ditampilkan di halaman utama blog. Pada gambar menu (lihat lagi gambar menu), klik tombol ini tombol_cut . Sudah, beres.

18. Kalau sudah selesai semuanya, pilih tombol publish (bila tulisan ini belum pernah dipublikasikan) atau tombol save. Klik tombol “Visit Site untuk melihat hasilnya”.

halaman_utama

Download tutorial dalam format pdf di sini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb

18 thoughts on “Menulis Blog di WordPress: Pemula

  1. Pingback: wordpress for beginner (in indonesian language) « Lilimut’s window

  2. makasih ya buat tips nya
    tadi langsung kupraktekin
    trus yang masalah link ku kasih punya mas
    boleh ya?
    maklum g punya link…

  3. @LeD
    Coba amati dulu, di komentar tersebut ada link2 aneh ga?
    Cara aman untuk ngelihatnya, coba kamu masuk ke menu “comment” terus pilih “edit” komentar tersebut. Ada link2 aneh ga.

    Kalau ada link aneh atau isinya ga nyambung sama tulisan kamu, ga usah ditanggepin. Ga usah di-approve juga. Saya jg sering menerima komentar yg macem ginian. Komentarnya ya g saya approve.

    Semoga membantu.

  4. Pingback: Mengapa Harus Menulis? « ilalang.al.haidar

  5. Aslmkm,mas Agung saya dah baca tulisan anda tapi masih belum paham juga.Mau tanya nih,kalau bikin button “blog,keluarga-keluargaku”seperti blog anda itu bagaimana caranya.Terimakasih.

  6. Assalamu’alaikum wr wb

    Kalau di wordpress, sebenarnya itu hanya ‘page’ / halaman biasa. Mas tinggal create new page aja. Udah tahu kan caranya.

    Nah, kalau yg ditanyakan masalah bentuk tombol, bentuk tombol itu udah bawaan theme-nya. Kita ga bisa ngedit2 lagi. Jadi, mas pilih theme yang sesuai selera aja.

    Semoga membantu. Maaf kalau ternyata belum menjawab pertanyaan.

  7. asalamualaikum….

    Kemarin saya baru bikin blog pribadi… masalahnya sekarang sy gk tau cara bagaimana menulis di blog..saya lihat di menu dasbord sy gk ada menu newpost.. mohon bantu saya mas… harap maklum ya mas

    terimakasih

    • @kathy

      Wa’alaikumussalam

      Yg saya jelaskan di blog itu untuk versi wordpress yang lama, jadi tampilannya beda ama wordpress yang sekarang.

      Kalau mau bikin artikel di wordpress yang baru:
      1. Pilih menu “Post” di sebelah kiri. (kalau wordpressnya pakai Bahasa Indonesia, tinggal disesuaikan saja)
      2. Pilih submenu “Add New”.
      3. Langkah2 selanjutnya tidak jauh berbeda dengan penjelasan saya di blog.

      Semoga membantu dan selamat mencoba

  8. Bismillahirrohmanniroohim
    Assalamualaikum warohmatullohi wabarakatuh

    afwan antum ajarkan saya membuat sebuah blog mksud dan tujuan blog sya hanya utuk cerita2 islamiyyah dn berdakwah tetapi krna sya kuper sya btuh bantuannya
    ini alamat email dn fb sya prima_alexandria@yahoo.com kalau mas mau mmbantu sya hubungi sya d fb sya krna sya exist cman d mdia fb krim aja pesan k sya mas..
    bnyak ctatan islami sya d fb akan tetapi sya pernah 2 kali fb sya d hack oleh orang krna itu sya mau mmbuat blog untuk mnyimpan smua artikel2 islamiyyah

    wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s