Blogger Tunanetra Indonesia

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera bagi kita semua.

Dengan nama Allah, Tuhan manusia dan seluruh alam. The Indonesian Blind Blogger, begitulah Eko Ramaditya Adikara memperkenalkan diri dalam buku tamu di blog-nya. Sumber Kompas( 8/7/08 ) menuliskan “Namun, jika bertemu Rama jangan sekali-kali mengasihaninya sebagai orang berkekurangan. Salah-salah kita yang dikasihani karena terlalu banyak kekurangan.”

ramaditya

ramaditya

Jangan berpikir pula bahwa papan ketik yang ia gunakan bersimbol huruf braile. Ya, Mas Rama menggunakan papan ketik QWERTY biasa, seperti yang kita pakai. Mas Rama benar-benar menunjukkan bahwa kekurangan pada indra penglihatannya tak menjadi hambatan untuk tetap menulis, bahkan di blog.

Mas Rama lahir tahun 1981 dari pasangan Bapak Rahadi Sudarsono dan Ibu Emmy Darwati. Tunanetra sudah menjadi takdirnya sejak lahir. Meskipun begitu, Mas Rama tidak terbiasa diperlakukan istimewa atau bahkan dikasihani. “Saya ini (tunanetra) sudah beda (dengan orang normal), tetapi saya ingin berbeda dari perbedaan itu,” begitu filosofi Mas Rama yang dikutip Kompas.

Pak Rahadi, ayah Mas Rama, adalah salah satu orang yang mendidiknya menjadi pria mandiri. Beliau memperlakukan Mas Rama seperti orang normal pada umumnya. Alhasil, kemandirian dan gairah Mas Rama dalam menikmati hidup mengundang ketertarikan banyak pihak, sampai pada akhirnya beliau diundang sebagai tamu pada acara KICKANDY (Metro TV) 14 Februari 2008 lalu.

kickandy_ramaditya Kesempatan Mas Rama berbagi cerita di acara ini tak hanya menginspirasi banyak orang untuk terus berjuang, tetapi juga menginspirasi Mas Rama sendiri untuk terus berbagi semangat kepada banyak orang. Sejak itu, beliau bercita-cita sebagai motivator. Sungguh luar biasa menurut saya.

Profesi motivator pun Mas Rama jalani secara profesional. Pada bulan Mei kemarin, beliau rela menjajaki Bandung, Ajibarang, Gumelar, Sokaraja, Cilacap, dan kembali Jakarta untuk menularkan semangat hidupnya pada banyak orang. Aktivitas itu dijalaninya bersama Dokter Aisha, salah seorang dokter RS Harum, dan tim. Dokter Aisha inilah yang menjadi perantara Mas Rama dengan audien pertamanya di RS Harum. Audien yang membuatnya semakin bersemangat menjadi motivator.

Eko Ramaditya Adikara, seorang hamba Allah yang dikaruniai keistimewaan (kebutaan) sejak lahir telah membuktikan bahwa Allah benar-benar menjadikannya manusia istimewa. Mas Rama mengubah kebutaan, sesuatu yang dianggap kekurangan oleh banyak orang, menjadi sumber inspirasi dan semangat siapa saja yang pernah bersentuhan dengannya, baik di dunia nyata maupun lewat tulisan dunia maya.

Sumber: Harian Kompas tanggal 8 Juli 2008 dan tulisan-tulisan Mas Rama di www.ramaditya.com.

Semoga bermanfaat. Selamat malam dan wassalamualaikum wr wb.

6 thoughts on “Blogger Tunanetra Indonesia

  1. hmm…

    setau gw dia juga suka ngasih liputan tentang game atau acara2 game gitu di detik.com

    dahsyat deh….jadi malu sendiri gw…

  2. Dia itu hebat gung. Di kalangan gamer mungkin tau game final fantasy.. dia itu sempat menggubah lagu untuk salah satu dari seri game itu dengan hanya menggunakan suling dan software pembantu.

    Dan karyanya diterima sama pembuat ( squaresoft ), kemudia dijadikan salah satu BGM di game itu, aku lupa final fantasy ke berapa gitu… Dia juga dapat CD khusus lagu game dari pihak sana yang eksklusif buat dia…

    Tapi aku tahunya tentang itu… tentang blognya… pernah dimuat dimana gitu.. baca tapi lupa dimana…

  3. @ghaniarasyid
    Bener-bener sangar kan…., Mantep Pak!

    @Irvan
    Iya Van. Yang gw baca dari blog Mas Rama, beliau emang suka nulis di detikinet. Mantab abis dah, gw jg jadi malu nih. Udah tua belum ngasilin sesuatu yang luar biasa.

    @Gyl
    Wohoho…
    Berarti foto di blog Mas Rama yang lagi maen suling itu menunjukkan hal itu ya…?!
    Pertanyaan ente tentang lagu buatan Mas Rama, sudah dijawab sama belaiu sendiri tuh. FF VII, ada 3 lagu.
    Emang beneran hebat ya Gyl.

    @aRuL
    Betul itu Mas. Hati jati panas nih. Jadi makin bersemangat untuk jadi manusia yang lebih bermanfaat.

    @Ramaditya
    Wah,…
    Yang “digosipin” sudi mampir ke blog saya.
    Terimakasih banyak Mas dah mampir. Tulisan saya itu biasa-biasa saja. Masih banyakan ilmu nya Mas Rama [senyum]. Terimakasih juga atas semangat yang ente tularkan. Mantab abis dah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s