PKMM “Spirit MAN! Sekolah Perakitan Komputer Insan Terpadu”

 Judul di atas adalah judul PKMM tim kami yang kemarin, alhamdulillah, diumumkan sebagai salah satu proposal yang diterima oleh DIKTI. Terimakasih pada Hazlinda yg dengan semangat 45  memberi tahuku bahwa pengumuman PKM telah terbit.spirit.jpg

Lahirnya Spirit MAN!

Spirit MAN! asal kata dari Spirit = “Sekolah PerakItan kompuTer Insan Terpadu” dan MAN! = “Mencerdaskan Anak banNgsa”. Sebuah nama dengan gambaran yang penuh SEMANGAT, penuh HAMASAH kata orang Arab, mungkin orang-orang Cina akan bilang CHAYOO!, atau teriakan GANBATE! yang akan muncul dari lisan orang Jepang. Dan yang tidak kalah keren, “SEMANGAT REK!”.

Spirit MAN! lahir dari sebuah diskusi antara dua orang mahasiswa Fasilkom lintas angkatan, 2004 vs 2005. Di sebuah kamar Afif sang (bakal) ketua, karena memang dia yang paling tua dalam tim nantinya (karena saat itu tim belum terbentuk, nama Spirit MAN! pun belum lahir), Agung menceritakan idenya. Ide tentang bagaimana ilmu yang telah dipelajari bisa diaplikasikan oleh orang-orang yang tidak belajar komputer di bangku kuliah.

Ide Spirit MAN! bergulir dari lisan dua hamba Allah tersebut. Dan, sampailah mereka pada suatu kesepakatan ide: merealisasikan ide ini dengan mengajukannya sebagai salah satu proposal PKM 2008. Ide pun didetailkan. Mengajarkan bagaimana merakit, mereparasi, dan berdangang komputer beserta komponen-komponennya kepada sekelompok anak-anak jalanan di suatu rumah singgah. Yap,….itulah ide kami.

Menciptakan TIM

Langkah pertama adalah meciptakan tim (bukan team building). Afif mengusulkan Zulhanief, his twin brother but they’re not really twin karena selisih umurnya lebih dari 1 tahun. Alasannya : kita butuh meramaikan ide dengan memasukkan anak Akuntansi. Agar tidak monoton berhaluan boolean(kalau g 1 ya 0) melulu. Ide bagus menurutku. Aku mengajukan Ridho karena berdasarkan pengamlamanku bekerjasama dengannya di LKTM tahun lalu, Ridho orang yang bisa diandalkan. Pekerjaan yang dikerjakannya selesai. Itu hal penting buatku. Afif setuju. Nah, diajaklah dua orang tersebut untuk bergabung.

Tim PKM maksimal beranggotakan 5 orang. Kira-kira siapa lagi yang akan diajak?! Kami pun berdiskusi menentukan kriteria untuk “orang terakhir ini”. Dan kami langsung menyepakati satu kriteri : WANITA. Secara (alah…, ini artinya apaan sih???) tim Spirit MAN! keempatnya adalah lelaki maka Spirit MAN! butuh “sentuhan” wanita. Job role untuk Mbak/Teteh/Uni/None/Ibu yang satu ini lansung jelas : merapikan semua bentuk laporan, perencanaan, pembukuan, dan semua yg berbau kesekretariatan. Hmmm…., puas rasanya bakal terbebas dari tugas-tugas seperti itu.

“Perburuan” Wanita

Singkat saja (takut salah persepsi), ada beberapa nama. Dan sasaran pertama langsung menyatakan bersedia. Siapa?? Ya Hazlinda. Kan namanya sudah ada di atas!

Karunia Tak Terduga

Pembuatan proposal dimulai. Ya…,biasa-biasa saja. Tak perlu diceritaain. Sampai ada rasa syukur karena Allah telah mengarahkan hati untuk mengambil keputusan yang tepat: memasukkan Hanif kedalam tim. Dengan adanya Hanif, materi ide bertambah. Tidak hanya mengajarkan bagaimana merakit, mereparasi, dan menjual komputer tetapi juga membuat pembukuan yang rapi untuk bisnis yang bakal mereka (anak-anak target Spirit MAN!-red) dirikan. Coba kalau isinya Fasilkom semua. Yakin dah bakal susah.

Kenapa Spirit MAN!

Ide itu muncul sekilas saat aku ingat sama kelasku di SMA : Classix Spirit. Kelas penuh semangat, kenangan, dan persaudaraan. Maka nama Spirit pun disematkan. Baru setelah itu kami mencari enaknya kepanjangan dari Spirit tuh apaan(dah pada tau kan??!). Terus biar tambah semangat, kita tambahin kata MAN!(bukan diskriminasi gender lho…). Dan lagi, baru setelah itu mencari kata kepanjangan MAN!. Jadilah nama Spirit MAN! Nama, yang bagi kami, penuh semangat. Nama yang akan mengantarkan saudara-saudara kita untuk berilmu dan berjuang demi hidup mereka. Semoga….

Ini hanya sebuah kisah dibalik lahirnya proposal PKMM Spirit MAN! Aku yakin banyak kisah menarik di setiap kejadian. Coba ceritakanlah…

Lalu, bagaimana detail Proyek Spirit MAN! ini??

Insya Allah akan segera saya tulis supaya idenya bisa dimanfaatkan dan dikembangkan oleh banyak orang. Demi kesejahteraan umat.

“Manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat di antara kalian.”(Al Hadist).

www

12 thoughts on “PKMM “Spirit MAN! Sekolah Perakitan Komputer Insan Terpadu”

  1. Sudah saya duga.. siapa yg menungkapkan ide. Siapa pula yg menyertakan kata “spirit”..

    Lanjutan kisahnya bikin penasaran..
    segera posting ya..

    ttg rumanh singgah itu… saya juga ingin tw..

  2. @ Aulia
    Tengs Ul, jazakallah akhi. Semoga kita bareng-bareng menjadi yang terdepan dalam MAN! (Mencerdaskan Anak baNgsa!). Jadi inget Sa-MAN UI.😀

    @Alda
    wah, terimakasih atas dukungannya. Jadi semangat mau nulis. n_n

  3. gung… domain publik gung !:mrgreen:

    Ternyata ide dari kamu to… gak kaget aku. Orang dengan ide yang out of the box… Gimana to bentuk sekolahnya ? pengen tau…

  4. ayo gung, kita optimalkan kontribusi kita di SPIRIT MAN! ini. seperti hanief bilang di tulisannya, ini momennya kita berkontribusi dan prestasi yang benar, yaitu orang-orang yang paling baik amalnya (QS 67:2).

    bravo!!!

  5. @heri mulyo
    hehe….
    Bukan yang itu Pak.
    Saya dah baca web nya man malang. Keren, ter-update.😀
    Sekolah saya kalah terupdate nih.

    salam kenal soko arek Suroboyo.😛

  6. Wah, MAN 1 Malang nimbrung nih..?

    saya jadi inget, SMP 12 kalah “hijau” dibanding MAn 1 Malang,.,.
    Terlebih program2 remajanya sekolah-nya..

    dan itu artinya, RhoLaz kalah saat lomba UKS tingk. propinsi..
    salut dah bwt pak Heri..

  7. ya sudah, semangat aja..
    sibak kado tercakep dari Allah bwt pak Agung..
    (knp kado tercakep ya.., bukan kado tercantik??)

    tertunda di Software design, mungkin juga jalan bwt totalitas di PKMM..

    Jateng nunggu dikunjungin tuh, saat PIMNAS taon ini..

    70% dana uda turun, toh..
    dadi.. yo semangat ae lah…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s